HOME

Rabu, 17 Oktober 2012

CARA PERBAIKI HAPE KENA AIR

Jika suatu saat kita sedang memegangHANDPHONE atau menaruh handphone pada saku baju dengan tanpa sengaja ponsel kita terkena air atau terendam air lalu ponsel kita mati, saat kita mencoba untuk menyalakan kembali ponsel kita tetapi ponsel kita tidak mau nyala sama sekali.Ups gimana ya?
Bagi teman teman yang mengalami hal demikian jangan khawatir mari kita coba perbaiki bersama agar handphoe tersebut normal dan bisa digunakan kembali:
Untuk memperbaiki HAPE YG KENA AIR lakukan prosedur perbaikan seperti berikut:
Kita tidak boleh langsung menggunakan PSU dalam memeriksa dan menguji ponsel. Sebab mempunyai resiko hubungan pendek antar komponen ataupun modul dalam ponsel dengan mediator air tersebut sebagai penghantar.
Namun ponsel terlebih dahulu harus dikeringkan dari segala air yang masuk ke dalam ponsel, bisa dengan cara-cara sebagai berikut :
  1. ponsel dibongkar lalu dijemur
  2. ponsel diblower dengan terlebih dahulu diberi cairan pembersih IPA
  3. ponsel divakum dalam alat vakum dengan diberi cairan pembersih IPA lebih dulu, atau bisa juga digunakan butiran silika untuk menyerap air yang ada pada ponsel.
Setelah ponsel dipastikan telah kering sungguh dari segala cairan,maka barulah kita boleh menggunakan power supply untuk mengetahui jenis kerusakan pada ponsel kita. Pada ponsel yang terkena air ataupun terendam air, biasanya terjadi kerusakan pada aksesoris ponselnya. Namun jika jarum ampere pada power supply naik ± 50 mili ampere saat tombol ‘on’ kita tekan, berarti jenis kerusakan terletak pada softwarenya ponsel. Kita lakukan program ulang (flash) pada ponsel sesuai dengan jenis dan versi ponsel anda saat ini atau kita bisa melakukan proses upgrade versi software ke versi software yang lebih tinggi dari versi ponsel anda sebelumnya. Nyalakan ponsel anda kembali, ponsel pasti nyala.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar