HOME

Rabu, 17 Oktober 2012

TEST BUZZER PADA HAPE

Hari-hari kita disaat jam istirahat akan tersa sepi jika musik MP3 di ponsel kita tidak bisa di dengarkan. Komponen yang satu ini yang berfungsi mengeluarkan bunyi ringtone, suara Mp3, load speaker, bunyi alaram.
Apa jadinya disaat keadaan lagi sibuk-sibuknya suasananya ramai dan kita sedang menunggu panggilan telepon tetapi suara dering/ringtone ponsel kita tidak terdengar?. Apabila ponsel tidak bisa mengeluarkan bunyi ringtone, maka kita perlu melakukan pengetesan dan pengujian pada:

a. komponen Buzzer
Cara menetes komponen buzzer dengan multitester adalah:
Pertama,atur multitester pada skala x1,cukup letakkan kabel multitester pada kaki komponen Buser satu saja, sedangkan yang satunya lagi diketuk-ketukan pada kaki komponen Buzzer yang lainnya. Apabila terdapat suara berarti komponen Buzzer baik.
b. Tes jalur komponen Buzzer
Terlebih dahulu bersihkan interface/konektor buzzer dengan menggunakan cairan pembersih IPA/tiner A spesial. Keringkan, selanjutnya gosok interface/konektor buzzer menggunakan penghapus pensil sampai terlihat gunning mengkilat. Hati-hati jangan sampai komponen di sekitar interface/konektor buzzer rusak atau terlepas.
Gunakan skala x 1k pada multitester manual untuk mengetes jalur komponen Buzzer, hubungkan kabel-kabel multitester dengan interface komponen Buzzer, bila ada jarum multitester bergerak berarti jalur dalam keadaan baik. Sebaliknya bila jarum multitester tidak bergerak maka kita bisa melakukan sistem jumper langsung dari IC Pengontrol (IC UI) menuju komponen Buzzer untuk mengatasi jalur yang terputus tadi. Peria dan ujilah juga apakah jalur positif (+) dari battery menuju Buzzer dalam keadaan baik, jika terputus maka lakukan sistem jumper pada jalur yang ierputus tadi. Segera setelah
kita melakukan jumper maka ponsel berfungsi embalm mengeluarkan bunyi ringtone. Jika komponen maupun jalur Buzzer keduanya sudah dalam keadaan baik, tetapi ponsel tetap tidak bisa mengeluarkan bunyi ringtone, maka coba periksa dan uji apakah IC Pengontrol (IC UI) masih baik,jika ternyata IC Pengontrol (IC UI) masih baik maka cukup panasi saja IC Pengontrol (IC UI) dengan menggunakan blower secara hati-hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar